6 Manfaat Jamu Kunyit untuk Kesehatan

Rimpang Kunyit

Kunyit dikenal dengan nama latin Curcuma longa Linn. Syn, Curcuma domestica Val. Merupakan tanaman sejenis rempah-rempah dan tanaman obat. Kunyit adalah tanaman asli dari kawasan Asia Tenggara. Senyawa obat yang terkandung di dalam kunyit cukup banyak, kunyit mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, khususnya bagi kaum wanita. Selain untuk masakan, kunyit banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat jamu tradisional.

Sebagian orang di Indonesia sudah tidak asing dengan kunyit yang dijadikan jamu, namun juga ada sebagian orang  yang sebelumnya tidak tahu kalau ternyata kunyit juga dijadikan jamu. Jamu kunyit dikenal sebagai minuman yang memiliki sifat sebagai obat pelangsing alami. Oleh karena itu, banyak yang mengkonsumsi jamu kunyit ini adalah perempuan. Selain untuk pelangsing, manfaat jamu kunyit juga berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya :

1. Pencegahan Infeksi

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan fitonutrien. Karena kandungan tersebut, kunyit dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh pathogen yang dapat menyebabkan penyakit. Infeksi ini sangat rentan di derita penderita diabetes. Oleh karena itu, jamu kunyit sangat cocok diminum oleh penderita diabetes.

2. Mereduksi Lemak

Manfaat ini juga sangat baik bagi para penderita diabetes. Kita tahu bahwa penderita diabetes seringkali merasa lapar. Hal ini disebabkan karena kekurangan glikogen. Akibatnya tubuh mudah lelah dan lemas. Keadaan ini oleh otak dianggap sebagai pertanda lapar. Makan yang tidak terkendali menyebabkan kenaikan berat badan.

Kandungan curcumin yang ada pada manfaat jamu kunyit dapat membantu mencegah akumulasi lemak yang berbahaya bagi tubuh.

3. Mengatur kadar insulin

Ini dia manfaat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Kita tahu penderita diabetes sangat dituntut untuk menjaga kadar insulin di dalam darahnya. Kunyit dapat membantu kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Kunyit mengandung antiglikemik yang dapat menyeimbangkan kadar insulin dan menurunkan kadar gula darah.

4. Menjaga kecantikan kulit

Kunyit dapat memicu pertumbuhan sel dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sel tubuh selalu terbaharui maka kulit menjadi kencang dan bersinar sehingga dapat mencegah penuaan dini, juga meningkatkan metabolisme tubuh, berat badan pun dapat dikelola.

5. Sebagai antiseptik alami

sponsored links

Kunyit dapat mengobati luka dalam dan luar. Untuk luka luar,oleskan saja parutan (pasta) kunyit. Tempelkan pasta kunyit pada bagian tubuh yang luka, tunggu hingga mengering dan bilas.   Untuk pengobatan luka dalam, buatlah jamu kunyit dengan mencampur satu sendok teh dan susu atau gula. Tambahkan air hangat, minum secara teratur.

6. Menghilangkan Keputihan

Bagi kaum wanita, mengalami keputihan sangatlah mengganggu. Penyebabnya adalah rasa gatal dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan bau. Untuk mengatasinya cobalah resep manfaat jamu kunyit untuk wanita yang mengalami keputihan :

  • Ambil dua rimpang kunyit
  • buah asam
  • satu genggam daun beluntas
  • Rebus semua bahan dalam satu liter air kemudian saring
  • minumlah secara teratur sehari satu gelas
  • Untuk menambah rasa tambahkan gula aren atau madu

5. Memudahkan keluarnya ASI

Setiap ibu pasti ingin menyusui anaknya. Namun faktor fisik dan psikologis terkadang menyebabkan masalah terganggunya produksi ASI. Ibu dapat mencoba mengoleskan bubuk kunyit pada payudaranya.

6. Mengecilkan perut buncit

Perut buncit tidak sedap dipandang, Perut buncit juga bisa menjadi indikasi akan adanya penyakit seperti gangguan hati dan ginjal dan menggambarkan kalau sang pemilik buncit mempunyai pola hidup yang tidak sehat. Daripada menggunakan obat-obatan atau jamu berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping, cobalah resep alami dengan jamu kunyit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s